5 Benda Di Rumah Yang Bisa Bikin Kanker



5 Benda Di Rumah Yang Bisa Bikin Kanker [ www.BlogApaAja.com ]

Rokok, polusi udara dan makanan tak sehat sudah sering dituding menjadi biang keladi kanker. Namun selain faktor-faktor tersebut, di dalam rumah Anda juga sebenarnya ada benda-benda yang dapat menyebabkan kanker. Apa saja?

Ada beberapa hal yang tampaknya tidak berbahaya di rumah namun sebenarnya karsinogen (elemen yang menyebabkan kanker), karena merupakan benda-benda yang ditemui sehari-hari.

Berikut beberapa benda sehari-hari yang sebaiknya diwaspadai karena dapat menyebabkan kanker, seperti dilansir

Boldsky,Senin (2/7/2012):

1. Barang-barang plastik
Banyak orang yang salah menggunakan barang-barang yang terbuat dari plastik. Misalnya botol atau mangkuk plastik. Barang-barang yang terbuat dari plastik ini dapat berdegenerasi pada pemanasan suhu tertentu, yang pada gilirannya dapat menggerogoti sel-sel tubuh Anda dan menyebabkan kanker.

2. Botol air mineral
Botol air mineral (bukan galon) dirancang untuk sekali pakai, namun banyak orang yang salah mengerti dan menggunakannya untuk botol minum isi ulang. Menurut survei World Health, menyimpan air dalam botol air mineral dapat berbahaya bagi kesehatan. Kebanyakan botol tersebut dibuat dari plastik berkualitas rendah yang berdegenerasi dalam kenaikan suhu.

3. Pengharum ruangan
Agar udara di dalam ruangan terasa segar dan wangi, banyak orang yang menyemprotkan pengharum ruangan. Tapi tahukah Anda bahwa pengharum ruangan banyak mengandung bahan kimia berbahaya seperti formalin dan naftalena. Jika hal ini terus terakumulasi, maka bisa menyebabkan kanker.

4. Lilin beraroma
Ketika lilin beraroma dibakar, benda ini menghasilkan gas karsinogen yang terpisah dari cahayanya. Menghirup gas tersebut akan membuat Anda rentan terhadap kanker.

5. Cat dan pernis
Pindah ke rumah yang baru saja dicat bisa menjadi bahaya besar untuk kesehatannya. VOC (volatile organic compounds atau senyawa organik yang mudah menguap) dalam cat dan pernis dapat membuat Anda sakit kepala. Dalam waktu lama, hal ini dapat menyebabkan kanker. Untuk menghindarinya, pilihlah cat non-VOC.

Follow On Twitter