10 Kebiasaan Buruk Yang Harus Di Hentikan Untuk Hidup Sehat



10 Kebiasaan Buruk yang Harus di Hentikan untuk Hidup Sehat
Sahabat Pastinya kamu ingin selalu sehat bukan ?nah kali ini akan share 10 Kebiasaan buruk yang harus dihentikan agarselalu sehat , berdasarkan wolipop . Simak dibawah ya :) .



1. Melewatkan Sarapan

Sarapan sangat penting untuk memulai hari. Namun karena aktivitas yang begitu padat, seringkali Anda justru melewatkannya. Padahal jika Anda melewatkan waktu sarapan, Anda akan cenderung untuk makan lebih banyak pada waktu lain dan ini dapat menyebabkan penambahan berat badan. Selain buruk untuk diet Anda, proses metabolisme pun akan terganggu. Sahabat Untuk itu, selalu usahakan sarapan sebelum memulai aktivitas dengan menu protein, lemak, dan karbohidrat yang seimbang.

2. Begadang

Mungkin Anda pernah begadang hingga larut malam untuk mengerjakan tugas atau kerjaan kantor yang belum selesai. Satu atau dua kali mungkin tidak apa-apa, tapi kalau sudah menjadi kebiasaan, itu akan merusak tubuh Anda. Jika Anda tidur kurang dari 6-8 jam tiap malamnya, imun dan metabolisme tubuh pun akan terganggu. Sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit. sahabat Untuk itu, tidur 7-8 jam tiap malamnya sangat disarankan agar Anda bangun dengan lebih segar dan juga sehat di pagi hari.

3. Bersedih

Bagi Anda yang baru putus cinta atau sedang dalam masalah, frustasi dan sedih mungkin pernah Anda alami. Tapi, terlalu sering merasa kesepian atau sedih berkepanjangan, justru dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. "Kunci dari kesehatan yang baik adalah pikiran yang tenang," ungkap Dr. Vahia seorang psikiatrisd dari Mumbai.

Jika pikiran Anda tidak sehat, sistem imun tubuh pun lebih rentan. Yang nantinya akan mempengaruhi gangguan kesehatan lain seperti stres, sakit kepala, masalah pencernaan, dan lainnya.

4. Terlalu Sering Menonton Televisi

Saat waktu luang, tak jarang dari Anda akan habiskan waktu berjam-jam didepan televisi. Namun terlalu sering menonton TV, justru berdampak buruk bagi kesehatan. Seperti serangan jantung, obesitas, bahkan strok. Tak hanya tubuh yang bisa terkena dampaknya, mata pun jadi lebih rentan dari kerusakan.

5. Memakai Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi akan mempercantik penampilan dan menambah tinggi tubuh secara instan. kaki pun akan terlihat jenjang dan tubuh jadi tegap. Namun jika Anda gemar memakai hak tinggi tiap harinya, sebaiknya ganti dengan sepatu flat sesekali. Gangguan seperti masalah persendian, sakit pinggang dan lainnya akan mudah menyerang jika hak tinggi terlalu sering digunakan.

6. Tidur dengan Makeup

Mungkin Anda pernah langsung tidur tanpa menghapus makeup terlebih dulu karena terlalu lelah. Apapun alasannya, tidur tanpa menghapus riasan akan menutup pori-pori, yang nantinya dapat menimbulkan jerawat. Tak hanya kulit wajah yang bisa bermasalah, riasan didaerah mata yang tidak dihapus juga bisa membuat kulit bagian mata teriritasi.

7. Makan Camilan Tidak Sehat

Meski tidak lapar, namun kebiasaan makan camilan saat waktu luang atau sembari mengerjakan sesuatu jadi sulit dihindari. Bukan hanya diet Anda yang dapat terganggu karena kebiasaan buruk ini, tapi juga kesehatan. Beberapa penyakit seperti diabetes, jantung, atau lambung, jadi lebih rentan terjadi karena asupan makanan yang tidak terkontrol.

8. Merokok

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya mulai hentikan kebiasaan ini. Berbagai masalah kesehatan seperti kanker, paru-paru yang bermasalah dapat terjadi akibat kebiasaan merokok. Dr. Sunesara yang dikutip dari Health Me Up mengatakan, "Bahkan merokok satu batang sehari, dapat menyebabkan pembekuan darah, yang mencegah derasnya aliran darah dan akhirnya mengakibatkan plak di arteri dan pembuluh darah." Selain dampak buruk bagi diri sendiri, orang sekitar pun juga akan terkena dampaknya dari asap rokok yang Anda hasilkan.

9. Sering Konsumsi Makanan Cepat Saji

Ditengah mobilitas yang begitu cepat seperti sekarang ini, makanan cepat saji kerap menjadi solusi disaat lapar. Padahal makanan ini mengandung lemak trans, gula, dan bahan pengawet. Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, risiko berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung akan jauh lebih tinggi. Untuk itu, sebisa mungkin hindari makanan cepat saji dan beralih ke pola makanan sehat yang baik bagi kesehatan.

10. Menggigit Kuku

Kebiasaan menggigit kuku ketika gugup atau sedang melamun dapat memudahkan kuman masuk ke tubuh Anda. Tangan berinteraksi dengan benda lain, sehingga lebih rentan dengan kuman. Memasukan tangan yang penuh kuman ke mulut akan membuat Anda lebih rentan terkena influenza dan batuk.

Follow On Twitter